Jakarta – Negosiasi gaji menjadi tahap yang tak kalah menantang selain proses interview bagi para pencari kerja, terutama untuk fresh graduate atau mereka yang baru lulus kuliah. Kebanyakan lulusan baru takut akan membuat rekruter batal memberi penawaranjika mematok gaji terlalu tinggi.
Namunnegosiasi patut diperhatikan untuk mencegah risiko underpaid. Apalagi gaji pertama memegang peran penting bagi keberlanjutan penghasilanmu dalam jangka panjang. Kendati demikian, negosiasi gaji tak boleh dilakukan sembarangan.

Sama seperti deskripsi diri di CV Fresh Graduate yang harus diperhatikan secara rinci, komponen gaji yang ingin dinegosiasikan juga perlu disiapkan sejak awal dengan jurus yang tepat. Lantas, apa saja hal yang perlu disiapkan untuk menegosiasikan gaji? Simak tipsnya berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Lakukan Riset

Sebagai fresh graduate, kamu mungkin merasa bingung atau takut untuk menegosiasikan gaji karena tidak tahu standar gaji yang wajar untuk posisi atau industri yang akan ditempati. Apalagi masing-masing posisi memiliki standar gaji yang berbeda, misalnya gaji ASN berbeda dengan gaji BUMN.

Begitupun dengan gaji pekerja lepas, tentunya akan berbeda dengan gaji pegawai bank. Untuk itu,cobalah lakukan riset untuk mengetahui nilai pasar gaji, UMR, UMP, hingga UMK daerah domisili perusahaan agar dapat mengetahui gaji minimum yang bisa diterima. Cara yang satu ini akan jadi fondasi penting untuk sukses menego gaji.

2. Kenali Kemampuan Nilai Diri

Selain menggali informasi dari luar, penting juga bagi kamu untuk menggali dan mengenali kemampuan diri sendiri sebelum menegosiasikan gaji. Hal ini akan membantumu lebih percaya diri saat harus meyakinkan perusahaan mengenai nilai gaji yang pantas kamu dapatkan.

Evaluasi dirimu berdasarkan nilai tawar yang dimiliki, misalnya kemampuan, pencapaian, pengalaman, prestasi, hingga latar belakang pendidikan. Selain menjelaskan hal ini dalam deskripsi diri di CV Fresh Graduate, kamujuga bisa menceritakannya dengan lebih lengkap saat proses wawancara berlangsung agar perusahaan lebih yakin untuk menerimamu.

3. Hindari Menyebutkan Gaji Sebelum Ditanya

Jangan buru-buru bertanya atau menyinggung soal gaji sebelum ditanya oleh perusahaan. Alih-alih demikian, kamu bisa memanfaatkan waktu wawancara bersama perusahaan untuk mengetahui kultur dan tanggung jawab pekerjaan terlebih dahulu untuk memastikan kecocokan denganmu.

Dengarkan dulu informasi dan penjelasan dari HRD maupun user sebelum masuk ke dalam topik negosiasi gaji yang biasanya disinggung ketika kamu sudah mendapatkan offering letter dari perusahaan.

4. Pertimbangkan Keuntungan Lain di Luar Gaji

Jangan hanya berpatokan pada nominal gaji saat melakukan negosiasi, tapi cobalah pertimbangkan juga keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari perusahaan terutama saat kamu sedang mencari pekerjaan untuk pertama kali. Biasanya, selain gaji, karyawan akan mendapatkan kompensasi atau benefit lain seperti jadwal kerja yang fleksibel, asuransi kesehatan, waktu cuti, uang lembur, Tunjangan Hari Raya, dan lain sebagainya.

Meski riset penting dilakukan, mental dan kepercayaan diri juga harus kamu siapkan sebelum menegosiasikan gaji. Cobalah bersikap percaya diri agar terlihat yakin di depan perusahaan, namun tetap rendah hati agar perusahaan tak melihatmu sebagai calon pekerja yang keras.

Jika mendapat kesempatan, sampaikan dengan jelas dan lugas alasan-alasan yang membuatmu layak mendapatkan gaji yang diinginkan. Sikap kepercayaan diri ini juga bisa membantu perusahaan melihat sisi positif yang berguna dalam pekerjaan nanti.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa dilakukan lulusan baru untuk menegosiasikan gaji kepada perusahaan. Terutama di pekerjaan pertama yang akan dijalani. Cobalah siapkan dirimu dan praktikkan hal tersebut satu-persatu. Jangan lupa juga manfaatkan fitur salary calculator dan panduan informasi gaji yang disediakan oleh JobStreet guna mempermudahkamu dalammenetapkan kisaran gaji yang akan diajukan saat bernegosiasi.

Baca artikel detikfinance, “Lulusan Baru Boleh Kok Nego Gaji, Begini Tipsnya!” selengkapnya https://finance.detik.com/tips-dan-trik/d-6603232/lulusan-baru-boleh-kok-nego-gaji-begini-tipsnya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *