Klaten– Puasa bulan suci Ramadhan 2023 kurang berapa hari lagi? Pastinya ini menjadi pertanyaan banyak orang menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Menjadi salah satu rukun Islam yang harus dijalankan setiap tahunnya, setiap muslim memang selalu menantikan datangnya bulan suci Ramadhan. Kesucian, keberkahan dan ampunan menjadi salah satu keutamaan datangnya bulan ini.

Dan tak terasa, bulan puasa hanya tinggal menghitung hari saja. Umat muslim harus menyambutnya dengan bahagia dan mengamalkan ibadah yang dianjurkan.

Penetapan 1 Ramadhan Menurut Pemerintah

Mengingat tibanya bulan suci Ramadhan yang hanya tinggal beberapa hari lagi, pastinya umat muslim di dunia sudah tidak sabar untuk segera menjalankan ibadah puasa.

Dan menurut kalender 2023, awal Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret. Ketetapan awal Ramadhan ini berdasarkan keputusan PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu.

Artinya, jika dihitung mulai dari hari ini (Minggu, 5 Maret 2023) ibadah puasa bulan Ramadhan hanya kurang 16 hari lagi.

Namun, penetapan awal Ramadhan di atas masih belum dipastikan oleh Nahdliyyin (NU). NU masih harus memastikannya kembali melalui sidang isbat yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Sya’ban nanti.

Meskipun begitu, lembaga NU memperkirakan awal Ramadhan untuk NU akan jatuh sekitar tanggal 22-23 Maret 2023. Jadi, awal Ramadhan tahun ini menurut kalender 2023 dan pemerintah bersama keputusan PP Muhammadiyah akan tiba sekitar 16 hari lagi.

Dengan akan tibanya bulan suci Ramadhan, seorang muslim tentunya perlu menyambut gembira dengan melakukan beberapa amalan. Dan di bawah ini, kamu bisa dapatkan beberapa amalan yang cocok saat menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Beberapa Amalan untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, tentu harus didasari dengan rasa gembira dan juga bahagia. Karena di bulan ini, akan ada banyak keberkahan yang bisa seorang muslim dapatkan.

Pada dasarnya, ada banyak sekali amalan yang bisa kamu lakukan untuk memantapkan niat di bulan Ramadhan. Seorang muslim juga bisa mempersiapkan diri dengan mengamalkan beberapa amalan di bulan Sya’ban.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan puasa sunnah nisfu Sya’ban pada hari Selasa (7/3/2023) nanti. Kemudian di hari yang sama, kamu bisa lanjutkan membaca surat Yaasin sebanyak 3x setelah sholat Maghrib.

Seorang muslim akan sangat dianjurkan memperbanyak amalan pada malam Nisfu Sya’ban. Malam harinya akan sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajjud, shollat sunnah taubat dan sholat witir.

Berikut beberapa amalan yang cocok untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

  1. Memantapkan niat beribadah di bulan Ramadhan. Seorang muslim sebaiknya dapat menyambut bulan Ramadhan dengan bergembira, dengan memantapkan kembali niatnya untuk beribadah selama satu bulan penuh.
  2. Memperbanyak ibadah Sunnah. Memperbanyak sunnah dalam menyambut bulan suci Ramadhan bisa diisi dengan amalan-amalan di bulan Sya’ban.
  3. Memaafkan orang lain. Bermaaf-maafan bisa menciptakan suasana hati yang lebih tentram.
  4. Berziarah. Ziarah kubur juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramdhan.
  5. Memenuhi tanggungan hutang puasa bulan lalu. Selain itu, pastikan seorang muslim sudah tidak memiliki tanggungan hutang puasa di tahun sebelumnya.
  6. Doa dan dzikir. Selain itu, memperbanyak doa dan berdzikir juga bisa menjadi amalan yang tepat untuk mensucikan diri dalam menyambut datangnya bulan puasa.

Beberapa penjelasan di atas mungkin bisa menjadi referensi bagi seorang muslim yang penasaran dan bertanya puasa Ramadhan 2023 berapa hari lagi. Mungkin itu saja ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Author by Benaji

Date Rilis : 07/03/2023 

Sumber : https://www.clefhui.id/news/puasa-ramadhan-2023-berapa-hari-lagi/#:~:text=Penetapan%201%20Ramadhan%20Menurut%20Pemerintah,-Mengingat%20tibanya%20bulan&text=Dan%20menurut%20kalender%202023%2C%20awal,PP%20Muhammadiyah%20beberapa%20waktu%20lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *